Filed Under (Pembuatan Robot) by khoirul101
line followerline follower
Line follower robot adalah robot yang bisa bergerak mengikuti jalur panduan garis. Garis pandu yang di gunakan dalam hal ini adalah garis putih yang di tempatkan pada permukaan berwaran gelap, atupun sebaliknya, garis hitam yang ditempatkan pada permukaan berwarna putih. Prinsip kerja pendeteksian garis pandu dari robot tersebut adalah tiap-tiap warna permukaan memiliki kemampuan memantulkan cahaya yang berbeda-beda. Warna putih memiliki kemampuan memantulkan cahaya lebih banyak. Sebaliknya, warna-warna gelap memiliki lebih sedikit kemampuan memantulkan cahaya. Hal itu yang digunakan untuk mendeteksi garis pandu tersebut.
Ada beberapa sistem yang penting dalam pembuatan sebuah robot line follower yaitu Mekanik robot, Elektronik robot dan bahasa pemrograman. Terkait dengan mekanik robot adalah bagaimana memilih material pembangun fisik robot. Sedangkan untuk elektronik robot yaitu sebuah robot robot yang meliputi adanya rangkaian pengendali utama (main controller), rangkaian sensor, dan rangkaian driver. Dan sistem yang penting dalam pembuatan robot line follower yaitu bahasa pemrogram (software). Merupakan bagian yang digunakan untuk memprogram (mengisi) IC microkontroler. Sofware programmable yang sering di gunakan adalah Bahasa Assembly, C/C, Bascom (bahasa compailler).
Ada dua macam robot line follower yaitu line follower biasa tanpa menggunakan program dan line follower dengan program microkontroler. Pada dasarnya cara kerjanya sama yaitu membedakan antara permukaan hitam dan putih. hanya saja yang menggunakan program microkontroler lebih komplek dan lebih sempurna jika di banding line follower yang tanpa menggunakan program. Dari segi biaya sangat jelas bahwa line follower menggunakan program microkontroller lebih mahal dalam pembuatannya. Pembahasan perbedaan line follower yang menggunakan progran dengan tanpa menggunakan program dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
No
Robot Line Follower
Perbedaan
Tanpa program
Dengan Program
1
Biaya Pembuatan
Murah
Lebih mahal
2
Pengendalian
Tanpa bahasa pemrograman
Dengan bahasa pemrograman
4
Komponen pengendali
IC transistor / IC linier yang berisi gerbang logika (AND, NAND, OR NOR, XOR NOT)
IC Microkontroler
5
Kecepat Gerak
Kecepatan geraknya konstan, sulit di kendalikan
Kecepatan geraknya dapat dikendaliakan melalui program
Komponen-komponen yang perlu di siapka untuk membangun sebuah line follower adalah
Bodi Robot
Untuk membangun bodi robot kita bisa menggunakan akrilik, yang bentuknya seperti kaca. Untuk pembutan yang paling sederhana kita bisa menggunakan CD, sedikit modifikasi akan menghasilkan bodi yang lumayan baik.
Akuator robot.
Akuator robot di sini kita menggunakan motor DC maknet permanen. Motor dc tersebut dapat kita peroleh dari mainan anak-anak, atau dari motor dc dari mainan tamia. Untuk penyetabilan gerak diperlukan sebuah gearbox.
Roda
Kita membutuhkan 3 roda yaitu 2 roda belakang dan satu roda depan. Untuk roda bagian belakang kita hubungkan dengan motor dc. Untuk roda depan agar dapat bergerak bebas pada saat melakukan belok, hanya menggunakan satu roda. Roda yang di gunakan castrol / idle wheel. Untuh bahan yang paling sederhana kita bisa menggunakan kemasan BB rexona.
Sensor
Sensor sebuah robot ibarat mata. Hanya dengan adanya sensor robot bisa menentukan arah geraknya. Ada bermacam-macam sensor yang digunakan dalam membuat line follower. Untuk membgaun line follower sederhana kita menggunakan sensor infrared karena pembuatanya sangat sederhana.
Elektronik Line Follower
Elektronik bagi sebuah robot adalah sebagai organ-organ pendukung kerja bagi sistem yang lain. Komponen elektronik tambahan berupa : Resistor, Kapasitor, Kondensator, Dioda (LED), Transistor, Saklar.

0 Response to

Posting Komentar